jG0jqNSKGbSmOyWKUVvkKVd0yqT8pcZrO0ZMBeob
Bookmark

Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cara Yang Mudah

Laptop lemot memang sering membuat kita kesal. Apalagi saat ingin membuka aplikasi lamanya minta ampun. Tapi tenang saja karena Pinta Saurus akan memberika tips mudah bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot.

Mungkin artikel ini agak panjang, jadi simak baik-baik ya tips mengatasi laptop lemot di bawah ini.

Mengatasi Laptop Lemot

1. Upgrade ke SSD atau HDD cepat
Cara yang pertama untuk mengatasi laptop lemot ialah dengan upgrade ke SSD. Jika laptop kalian sekarang masih menggunakan HDD upgrade lah ke SSD, karena akan memberikan impact yang besar banget, bakal cepat banget dan juga responsif. Jika kalian masih prefer ke HDD karena harganya yang murah serta meimiliki space yang besar, setidaknya kalian pilih HDD yang mempunyai RPM yang tinggi.

Untuk SSD dan HDD saya rekomendasikan produk dari Seagate, karena sudah terbukti kualitasnya. Akan tetapi, jika kalian ingin beli produk dari Seagate, baik itu SSD atau HDD pastikan kalian beli yang ada segel garansinya, tandanya ada hologram MFI.

Jadi, jika kalian membeli produk Seagate yang ada logo MFI nya, maka produk yang kalian beli terjamin keasliannya serta mendapatkan dukungan supportnya. Jadi jangan sampai beli yang tidak ada logo MFI nya.

2. Tambah RAM
Cara yang kedua untuk mengatasi laptop lemot yaitu menambah kapasitas RAM atau Modul Memory laptop kalian. Kalian bisa lihat di laptop, apakah masih ada slot atau tidak, jika ada kalian bisa menambahkan RAM sesuai dengan speed memory yang sudah terpasang saat ini. Kalau tidak slot yang kosong kalian bisa mengganti RAM yang sudah terpasang dengan RAM yang lebih besar serta mempunyai speed memory yang lebih cepat. Tapi ingat jika kalian beli RAM pastikan bahwa RAM tersebut di support oleh Motherboard laptop kalian.

3. Pastikan laptop kalian bersih
Jika laptop kalian dalam kondisi kotor, saya yakin laptop kalian lemot. Karena debu yang menempel pada komponen laptop akan membuat performa menjadi tidak maksimal. Laptop yang kotor juga rentan terhadap yang namanya Overheat. Gunakan Air duster atau kuas untuk membersihkan laptop kalian.

4. Kurangi Startup program
Kurangi startup program, karena semakin banyak startup program apalagi yang berjalan di belakang layar, maka akan semakin makan banyak resource dan dan bikin lemot. Coba kalian cek melalui tab startup di Task Manager. Jika ada program yang berjalan otomatis di startup tapi tidak kalian butuhkan, silahkan matikan saja dengan klik disable. Terutama software yang punya startup tinggi wajib kalian matikan.

5. Matikan animasi
Tips selanjutnya ialah dengan mematikan animasi Windows. Animasi di Windows memang membuat tampilan Windows menjadi lebih cantik, tapi membuat berat apalagi jika laptop yang kalian miliki mempunyai spek yang pas-pasan. Nah kalian bisa mematikan animasi ini di Performance Option - Visual Effect - Adjust for best performance.

6. Uninstall bloatware dan software yang tidak berguna
Pastikan kalian enguninstall software yang sudah tidak digunakan lagi atau yang tidak berguna. Jangan lupa juga buang bloatware yang tidak berguna yang ada adi laptop kalian. Karena selain memnuh-menuhi, jika ada bloatware yang jalan di latar belakang akan memakan resource dan membuat laptop kalian lemot.

7. Hapus file sampah
Masih ada hubungan sama tips yang keenam, tips ketujuh hapus file sampah yang tidak berguna. Kalian bisa gunakan Disk Clean bawaan Windows, atau juga bisa gunakan aplikasi lain seperti CCleaner. Ini penting karena perlu ada free space yang cukup untuk mendapatkan performa terbaik dari HDD atau SSD.

8. Install Ulang
Cara yang terakhir adalah install ulang laptop kalian. Dengan menginstall ulang laptop kalian, maka nantinya laptop kalian akan kembali ke kondisi seperti semula.

Demikianlah tips untuk mengatasi laptop lemot. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian yang punya laptop lemot atau yang sudah mulai lemot, terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar