jG0jqNSKGbSmOyWKUVvkKVd0yqT8pcZrO0ZMBeob
Bookmark

Cara Mengatur Brightness (Tingkat Kecerahan) Laptop Atau Komputer

Selain volume suara, tingkat kcerahan (brightness) mungkin merupakan salah satu pengaturan yang sering diubah pada suatu komputer atau laptop.

Pada kondisi cahaya yang berbeda, tingkat kecerahan yang dibutuhkan untuk melihat layar dengan jelas pun berubah. Ambil contoh di dalam ruangan dan di luar ruangan, pastinya setingan kecerahan di dalam ruangan delap tidak akan cocok di tempat yang terang.

Selain untuk tampilan, kecerahan layar juga mempengaruhi daya tahan baterai. Kalian dapat memerintahkan komputer untuk menurunkan tingkat kecerahan layar secara otomatis jika baterai sudah lowbat. Nah tanpa basa-basi lagi mari kita simak bagaimana cara mengatur kecerahan layar pada laptop atau komputer!

Cara Mengatur Brightness (Tingkat Kecerahan) Laptop Atau Komputer

1. Atur Manual Win 10
Untuk anda yang punya PC atau laptop dengan OS Windows 10, lakukan cara di bawah ini untuk mengatur tingkat kecerahan layar kalian.

  • Arahkan layar kursor ke pojok kanan bawah layar
  • Klik ikon baterai, nanti akan muncul pop-up seperti di bawah ini
  • Klik ikon brightness sperti gambar di atas yang ditandai dengan garis merah
  • Akan muncul slider dan pengaturan untuk mengubah-ubah tingkat kecerahan
  • Atur tingkat kecerahan sesuai keinginan kalian

Mudah bukan? Namun ada cara lain yang lebih mudah yaitu dengan tombol keyborad. Simak tutorialnya di bawah ini.

2. Atur Dengan Keyboard
Saya yakin laptop sekarang sudah memiliki shortcut tombol di keyboardnya untuk mengatur tingkat kecerahan. Yang mana ikonnya? biasanya ikon brightness mempunyai tampilan seperti ini.

Coba kalian tekan tombol tersebut dengan dikombinasikan dengan tombol fn.

3. Atur Kecerahan Di Macbook
Jika kalian menggunakan Macbook, pasti sangat mudah untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Kalian hanya perlu encari logo seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol F1 untuk menurunkan dan F2 untuk meningkatkan kecerahan layar. Cara ini 100% berhasil jika kalian menggunakan Macbook.

4. Atur Kecerahan Otomatis
Kalian bisa mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis bergantung pada sisa baterai kalian. Misal, baterai kalian tinggal 10% atau di bawahnya, kalian bisa langsung mengaturnya menjadi redup. Ini sangat berguna untuk menghemat baterai disaat yang genting.

Di Windows 10 kalian bisa menggunakan fitur baterai saver untuk melakukannya.
Buka Settings - System - Battery Saver - Battery Saver Settings.

Pastikan bahwa Lower screen brightness while in battery saver sudah on. Kemudian pilih berapa persen baterai yang akan mengaktifkan battery saver. Secara default, battery saver akan aktif jika baterai sudah tinggal 20%.

Posting Komentar

Posting Komentar