jG0jqNSKGbSmOyWKUVvkKVd0yqT8pcZrO0ZMBeob
Bookmark

Pengertian Topologi Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Topologi jaringan Komputeradalah sebuah metode atau cara untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan untuk menghubungkan antar komputer bisa menggunakan kabel ataupun nirkabel (tanpa kabel).

Pada pelaksanannya, ada beberapa macam topologi jaringan komputer yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Membuat topologi juga harus memperhatikan soal biaya, tujuan dan lainnya. Di setiap macam topologi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harus memperhatikan soal yang sudah disebutkan tadi.

Pengertian Topologi Jaringan Menurut Para Ahli

Beberapa orang ahli di bidang IT juga pernah memberikan pengertian tentang topologi jaringan menurut mereka sendiri. Berikut beberapa para ahli dan pengertian tentang topologi jaringan.

1. Zymon Machazewsky
Topologi jarngan ialah seperangkat komputer yang saling terhubung secara besamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama, yaitu untuk saling berbagi sumber daya. Internet merupakan salah satu sumber daya tersebut.

2. Jafar Noor Yudianto
Topologi jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang didesain untuk berbagi sumber daya, komunikasi, dan bisa mengakses informasi.

3. Umi Proboyekti
Topologi jaringan ialah sekumpulan komputer yang terpisah-pisah namun saling berhubungan dalam melakukan tugasnya. Contoh, bila ada dua komputer dikatakan saling terhubung bilamana kedua komputer tersebut bisa saling berbagi informasi.

4. Abdul Kadil
Topologi jaringan adalah suatu hubungan dua buah simpul (biasanya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya ialah untuk saling bertukar data.

5. Izaas El Said
Topologi jaringan adalah sebuah sistem dimana beberapa komputer saling terhubung, agar bisa saling berbagi informasi dan sumber daya yang dimilikinya.

6. Budi Irawan
Topologi jaringan merupakan suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sama.

7. Kristanto
Topologi jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protokol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut bisa saling berbagi informasi, sumber daya, program dan juga bisa saling menggunakan perangkat keras (hardware) secara bersamaan seperti printer, hardisk dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa pengertian tentang topologi jaringan komputer menurut beberapa ahli IT.

1 komentar

1 komentar

  • Ilmi
    Ilmi
    13 Agustus 2019 pukul 00.09
    Mntap 😁
    Reply