jG0jqNSKGbSmOyWKUVvkKVd0yqT8pcZrO0ZMBeob
Bookmark

4 Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer Gak Pake Ribet

Cara Mengembalikan Data Terhapus Di Komputer – Apapun alasannya ketika data terhapus di Komputer atau Laptop sempat membuat kita panik dan was-was. Kepanikan ini semakin memuncak jika ternyata data tersebut merupakan data yang sangat penting. Awalnya kita santai saja sebelum kita menyadari bahwa file tersebut sudah tidak ada di Komputer kita. Setelah kita sadar ketika akan membutuhkan file tersebut dengan seketika kita kaget, karena ternyata data tersebut sudah tidak berada di tempatnya lagi. Tunggu dulu, kalian tidak perlu panik ! Karena disini saya akan memberikan kalian tutorial bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus tersebut.

Sebelum memvonis bahwa data tersebut sudah benar-benar hilang dan beranggapan bahwa tidak mungkin dikembalikan lagi, sebaiknya kalian lakukan dulu cara yang akan saya bahas disini. Karena pada umumnya kasus terhapus file di Komputer bisa kita kembalikan.

Sebenarnya ketika kasus data terhapus di Komputer atau Laptop itu tidaklah benar-benar hilang dari komputer kita. Dalam hal ini kita dapat melakukan trik khusus untuk mengembalikan data terkesan yang hilang tersebut. Bahkan diluar sana banyak tersedia software yang bertugas khusus menangani kasus kehilangan file Komputer tersebut. Dengan begitu hilangnya data penting kita di Komputer bukan berarti data kita hilang secara permanen atau tidak bisa dikembalikan lagi.

Kasus hilang data dari Komputer bisa terjadi karena berbagai macam kasus. Contoh sederhananya kita tidak sengaja menekan tombol Delete pada keyboard atau bisa juga karena kita salah memilih file untuk dihapus.

Berikut 4 Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Komputer atau Laptop

Sebelum memutuskan bahwa data tersebut tidak bisa dikembalikan lagi, silakan kalian simak dan lakukan 4 cara berikut sebagai solusi dalam mengembalikan file terhapus di Komputer atau Laptop.

1. Periksa Recycle Bin Komputer atau Laptop

Apakah kalian sudah tahu keberadaan dan fungsi dari Recycle Bin? Setiap komputer atau laptop yang menggunakan Operasi Sistem Windows secara default sudah terpasang software aplikasi Recycle Bin. Kegunaan Recycle Bin ini ialah tempat berkumpulnya file-file yang sudah kita hapus, dengan kata lain Recycle Bin ini adalah bagaikan tempat sampah.

Recycle Bin biasanya akan tersimpan otomatis di desktop komputer dan kita memang tidak bisa menghapus keberadaan Recycle Bin ini di komputer atau laptop kita.

Gunakan Recycle Bin ini untuk memeriksa data yang terhapus tersebut. Karena cara kerja penghapusan data di komputer setelah kita menghapus file maka akan dipindahkan kedalam folder Recycle Bin.

Silakan kalian lihat apakah data tersebut ada didalam Recycle Bin? Jika ditemukan, kalian klik kanan pada data yang ingin diselamatkan lalu klik pilih Restore. Dengan begitu data tersebut otomatis akan pindah ketempat semula dan kalian sudah bisa menggunakan lagi data itu.

2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions

Langkah ini kalian lakukan jika memang setelah kalian memeriksa file didalam Recycle Bin tidak ditemukan. Pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma, dengan begitu kalian jangan dulu panik.

Coba kalian buka Folder yang awalnya tempat data tersebut berada. kalian klik kanan di Folder tersebut dan klik pilih Restore previous versions. Dengan langkah ini dapat memungkinkan kita untuk mengembalikan data terhapus. Windows akan melakukan restore data secara mundur ke tanggal sebelum data tersebut terhapus.

3. Memeriksa File Didalam Data Backup File

Coba ingat kembali apakah kalian sebelumnya pernah melakukan backup data kedalam media cadangan eksternal seperti Harddisk, Flashdisk, CD/DVD, dan sebagainya. Jika pernah silakan kalian cek seluruh media eksternal tersebut karena kemungkinan data yang terhapus di Komputer atau Laptop dapat ditemukan di dalam eksternal data.

Namun sebaliknya jika tidak ditemukan atau bahkan kalian tidak pernah melakukan backup data, maka hal ini bisa kita jadikan pembelajaran kedepannya agar kalian menjadi rajin melakukan backup file komputer sebelum menghapus file.

4. Gunakan Software Khusus Yang Mempunyai Fungsi Sebagai Recovery File

Jika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil, maka silakan kalian lakukan langkah terakhir ini, yaitu menggunakan software. Seperti yang sudah saya bahas diatas bahwa saat ini tersedia banyak software yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan data terhapus. Banyak juga software yang dapat kita nikmati secara gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan ada software portable, artinya kita menggunakan software tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu di Komputer atau Laptop.

kalian bisa menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang hilang. Software ini bisa kita nikmati dalam versi portable. Kita bisa dengan bebas menggunakan software ini yang kita simpan di Flashdisk tanpa harus menginstallnya. Software Recuva diyakini sangat ampuh dalam mengembalikan data terhapus dengan melakukan seleksi untuk mencari file di seluruh harddisk secara menyeluruh.

Kemudian kalian juga bisa menggunakan software Undelete 360. Software Undelete 360 dapat kita nikmati secara gratis dan mudah dalam mengoperasikannya. Solusi lain kalian bisa menggunakan software MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

Ok, mungkin hanya itu saja artikel dari Pinta Saurus mengenai Cara Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop menggunakan 4 cara diatas. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan bisa menyelematkan file terhapus kalian. Jika semua langkah diatas hanya mendapatkan hasil nihil, sebaiknya mulai saat ini juga kalian harus rajin melakukan backup file.

Posting Komentar

Posting Komentar