jG0jqNSKGbSmOyWKUVvkKVd0yqT8pcZrO0ZMBeob
Bookmark

Cara Memasang IDM (Internet Download Manager) Di Google Chrome

Seiring banyaknya pengguna Komputer dan laptop sekarang ini, pemakaian Internet Download Manager atau biasa disingkat dengan IDM juga semakin meningkat. Aplikasi ini memang sudah dikenal sebagai salah satu Download Manager, dengan kecepatan yang stabil dan cepat.

IDM ini biasanya sudah otomatis aktif di Browser ketika selesai diinstall, tapi ada juga beberapa pengguna yang harus menyalakannya terlebih dahulu secara manual.

Contohnya seperti cara mengaktifkan IDM di Google Chrome seperti yang ingin saya bahas disini.

Pertama perlu dicatat disini, seperti tadi saya bilang IDM biasanya sudah aktif di Browser ketika selesai diinstall. Lantas kenapa ada beberapa pengguna yang harus menyalakannya secara manual?

Jawabannya, adalah karena entah IDM atau Google Chrome yang kalian pakai, belum versi terbaru. Sehingga kompabilitas kedua aplikasi tersebut tidak cocok, dan aplikasi jadi tidak bisa aktif.

Untuk itu, silakan coba update terlebih dahulu Aplikasi IDM dan Aplikasi Google Chromenya ke versi terbaru.

Tapi, jika kalian ingin mengaktifkan IDMnya secara manual di Chrome, kalian harus melakukan langkah-langkah tertentu.

Lengkapnya yuk kita bahas di bawah ini :

Cara Mengaktifkan IDM Di Google Chrome

  • Langkah 1 : Silakan buka Google Chrome, kemudian klik menu dibagian kanan atas, pilih more tools lalu klik Ekstension.
  • Langkah 2 : Maka akan muncul tampilan halaman Ekstensi Chrome.
  • Langkah 3 : Minimize Google Chrome sementara. Selanjutnya pergi ke Folder tempat IDM terinstall. Defaultnya ada di C:Program FilesInternet Download Manager. Kalau tidak ada, silakan dicari dulu..
    Untuk komputer atau laptop 64 Bit Coba Cek Di Program Files (X86)
  • Langkah 4 : Di Folder tersebut, cari lah sebuah File yang bernama IDMGCExt.crx.
  • Langkah 5 : Buka kembali halaman Google Chrome kalian, posisikan disamping daftar File Folder IDM.
  • Langkah 6 : Klik satu kali File IDMGCExt.crx kemudian Drag (geser) ke halaman Ekstensi Google Chrome.
  • Langkah 7 : Jika sudah, klik Continue pada notifikasi di bagian bawah Chrome. Nanti akan muncul sebuah Ekstensi baru yang bernama IDM Integration Module (IDM). Silakan cari kemudian pilih Aktifkan.

Masih Belum Bisa?

Dengan cara di atas, seharusnya IDM sudah bisa otomatis terintegrasi di Google Chrome. Saya sendiri sudah pernah mencobanya beberapa kali dan berhasil.

Nah, kalian sudah mencobanya tapi belum berhasil, saya sarankan kembali lagi ke langkah pertama. Silakan update Chrome dan IDMnya.

Kalau bisa, lakukan juga Clean Install (Hapus kemudian pasang kembali). Cara ini bisa dikatakan efektif.

Pertanyaan Lainnya…

Bisa Buat Semua Versi IDM? : Tentu saja bisa. Untuk tutorial ini saya pakai versi Aplikasi yang terbaru (2019). Untuk versi lama, nggak begitu jauh bedanya.

IDM Sudah Aktif, Tapi Kadang Suka Nggak Jalan? : Pastikan tray icon IDM di menu Taskbar kanan bawah sudah berjalan. Karena kalau tidak aktif, maka otomatis jadi tidak jalan juga.

Waktu Drag (Menggeser) IDM Ke Halaman Ekstensi Kok Nggak Terdeteksi? : Solusinya coba reinstall Google Chromenya. Saya dulu pernah coba dan berhasil.

Cara Mematikan IDMnya Gimana? : Silakan pergi kembali ke halaman Ekstensi. Kemudian pilih Nonaktif pada IDM. Maka IDM akan otomatis mati.

Adakah Setting Lain Yang Harus Dilakukan? : Sejauh ini nggak ada. Cukup dengan langkah-langkah di atas, maka IDM sudah 100% siap dipakai. Jika ingin ada sedikit gambaran, kalian bisa coba baca Cara Menggunakan IDM Untuk Pertama Kali.

Penutup..

Bagi saya sendiri, mengaktifkan IDM di Google Chrome tidaklah sulit. Hanya dalam waktu dua menit, langkah-langkah di atas bisa langsung selesai saya terapkan.

Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman sendiri. Dan disini saya bagikan langkah-langkahnya sejelas mungkin menggunakan gambar.

Namun, kalau masih belum jelas, silakan tanya saja di bagian mana. Biar nanti akan saya update atau menjelaskannya (Gunakan kolom komentar di bawah).

Semoga membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar